Senin, 27 Februari 2012

Beda laman dan label pada blogspot

Hallo sahabat-sahabat blogger bagai mana dengan blog anda sekarang apa ada kemajuan atau sebalik nya!. saya rasa pastinya ada kemajuan asalkan rajin update dan promosi. Ok sahabat blogger, setelah sekian lama gak update tutorial blog akhirnya hari ini saya berusaha menyempatkan diri untuk posting tetang tutorial blog lagi. Saya merasa sangat tertarik dengan pertanyaan teman kita "Ihkam Atqo" di facebook. Beberapa Poin dari pertanyaan yaitu :
1. apa beda laman dan label blog dan bagaimana cara memaksimalkannya?
2. apakah kita bisa mengubah template dengan memanfaatkan laman, misanya memindah posisi side bar dari kiri ke kanan atau sebaliknya...?  
3. bagaimana menyembunyikan informasi label biar hanya terbuka oleh link yang akan kita buat?
Ok akan saya jelaskan apa beda label dan laman pada blog

Laman
laman pada blog tidak jauh berbeda seperti postingan biasa. hanya saja laman pada blog sering disebut laman statis karna isi yang ada di laman diisi dengan postingan khusus seperti "Abaut, Profil, Contact, Dll dan isinya jarang diubah oleh pemilik blog. laman bisa kamu tambahkan sebanyak 10 laman dan tidak bisa lebih kecuali blogger meng update datanya.
Posisi laman pada halaman blog
Laman bisa anda letakan dibagian atas postingan atau diside bar halaman blog anda.Pehatikan gambar dibawah ini adalah side bar yang diletakan diatas postingan (gambar 1) dan disidebar (gambar 2)

Gambar 1

Gambar 2

Label
label di blogger bisa disebut juga sebagai kategori. Dan saya yakin anda sudah pernah mengenal istilah kategori ini. Kategori merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk mengelompokan sesuatu. Dari pengertian kategori tersebut, bisa kita ambil secara garis besar bahwa label di blogger (yang tidak lain bisa disebut juga sebagai kategori) merupakan suatu fasilitas yang dimiliki oleh blogger.com untuk mengelompokan artikel (postingan) sehingga bisa lebih terorganisir

Beda label dan laman
Ok sekarang kita masuk ke beda laman dan kategori. dari penjelasan diatas pasti anda sudah tau bedanya laman dan label.jika disimpulkan laman dan kategori jelas berbeda seperti sudah dijelaskan diatas laman digunakan untuk menulis postingan khusus seperti "Profil, Contact, Dll" dan label adalah menu yang digunakan untuk mengelompokan artikel.jika laman diletakan pada side bar memang sekilas kelihatan sama seperti gambar dibawah ini.tapi sekali lagi saya tegaskan bahwa fungsinya berbeda.

pada label standar pasti akan menapilkan angka yang menunjukan banyaknya artikel yang dimasukan dalam salah satu kategori.
sekarang kita bahas pertanyaan kedua yaitu : apakah kita bisa mengubah template dengan memanfaatkan laman, misanya memindah posisi side bar dari kiri ke kanan atau sebaliknya...?

laman yang kita pasang jelas akan mengubah penapilan blog kita tetapi laman tidak bisa mengubah posisi sidebar dari kiri kekanan atau sebaliknya.lihat gambar dibawah gambar 1 adalah Gambar tanpa widget laman dan Gambar dua adalah gambar dengan widget laman.
Gambar 1
Gambar 2 
Dari 2 gambar diatas terlihat gambar no 2 membuat tampilan halaman blog menjadi lebih menarik dibanding dengan Gambar no 1. Ok samapi disini apakah sudah mengeri ? jika sudah saya lanjutkan kepertanyaan terakhir jika belum cari tau di bah google ya....!ckckckckckck
Pertnyaan ketiga yaitu : bagaimana menyembunyikan informasi label biar hanya terbuka oleh link yang akan kita buat?
untuk pertanyaan terakhir mohon maaf saya tidak bisa menjawab dengan pasti karena saya tidak begitu mengerti dengan maksut dari pertanyaan. jadi saya akan menjawab dengan menebak maksut anda jika tebakan salah saya mohon maaf. mungkin maksut pertanyaan anda adalah menyembunyikan widget label pada halaman tertentu. jika benar saya sudah posting totorialnya silahkan anda Klik Disini atau pada link berikut http://trickampuh.blogspot.com/2011/04/menampilkan-menyembunyikan-widget.html

11 komentar:

Unknown mengatakan...

aku tambah bingug.....


zonaksi.blogspot.com

ilmiyuliani.blogspot.com mengatakan...

trimakasih,
sekarang saya lebih tau tentang laman dan label :D

kim hanny mengatakan...

makasih infonya,,,


mampir ke blog saya juga yak kim-hanny.blogspot.com

Nadella | Taruih Baraja mengatakan...

terima kasih, sekarang saya jadi lebih mengerti

Nadella | Taruih Baraja mengatakan...

jangan lupa kunjungi blog saya juga, dan mohon pencerahannya ya :)
elthnadella.blogspot.com

Unknown mengatakan...

maksih pnjelasnnya. n boleh nanya, gimana cara mengatur post yg telh di publish biar sesuai dengan kategory...?

jaka thinker mengatakan...

Terimakasih infonya, sangat membantu... semoga sukses

Unknown mengatakan...

trima kasih banyak teman.,artikel ini sangat membantu..

Khavid27 mengatakan...

oke Gan makasih Tips2 nya,,,

Fajar Candra mengatakan...

thank infonya

http://collectionsongwest.blogspot.com

Unknown mengatakan...

terimakasih mas sangat membantu, jangan lupa kunjungin balik blog saya mas
www.musikantep.blogspot.com

Posting Komentar

Berkomentarlah
Demi pembelajaran kita bersama
Kritik dan saran anda sangat diperlukan demi memperbaiki Ide dan gagasan kita semua untuk kedepannya
Salam Blogger .. !!

 
;